Gagasan Inovasi Atasi Kekeringan, Ahmad Kulle Gagas Embung di Desa Bonto Mangiring

Kaisarnews.com – Selama bertahun-tahun petani di Desa Bonto Mangiring, Kec. Bulukumpa sering mengalami gagal panen karena kekurangan air.

Kondisi ini yang mendorong salah seorang pemuda Bontomangiring berinisiatif untuk membantu petani dalam pembangunan Embung sebagai sumber air yang akan digunakan untuk pengairan jika musim kering tiba.

“Kita harapkan setelah Embung ini selesai, tidak ada lagi petani yang mengalami gagal panen karena kekurangan air,” kata Ahmad kulle di sela-sela pengerjaan Embung tersebut, Selasa (10/09/19).

Lanjut Ahmad Kulle, yang terlibat dalam pelaksanaan pembangunan ini adalah masyarakat petani dan pemuda.

“Karena setelah Embung ini selesai kita rencanakan bukan hanya sebagai sarana irigasi pertanian tetapi akan dijadikan sebagai objekwisata bagi warga sekitar sini,” jelas pria yang biasa disapa Kula ini.

Dirinya bahwa Embung ini bisa digunkan sebagai sumber ekonomi baru bagi petani, misalnya Embung ini dibuatkan keramba ikan air tawar.

Selain itu inovasi ini medapat apresiasi dari warga setempat. Salah satunya yakni Ancu bin Sersan Kacong. Ia mengatakan jika apa dikerjakan oleh Ahmad Kulle untuk membawa masyarakat mengatasi kekeringan harus diapresiasi.

Menurutnya, selama ini masyarakat tidak punya lagi pendapatan jika musim panas datang. “Saya harap setelah Embung ini selesai, petani tidak lagi tergantung pada air hujan,” jelas Ancu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.