Persandian Penting untuk Keamanan Informasi Pemerintah Daerah

Kaisarnews.com – Dalam sistem pemerintahan, persandian memiliki peran yang amat vital dalam mengamankan informasi yang bersifat rahasia agar tidak diketahui pihak lain. Olehnya itu, wajib bagi para pengelola persandian di pemerintahan untuk mengikuti Diklat Sandiman yang dilaksanakan Pusdiklat Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia (BSSN) RI, seperti yang saat ini tengah diikuti Kasi Tata Kelola Persandian Dinas Kominfo Luwu Utara, Alisman, di Kota Depok, Jawa Barat, selama 2 bulan lebih, 24 Juli – 26 September 2019.

Melalui pesan aplikasi whatsApp, Minggu (25/8/2019), Alisman menyampaikan bahwa Diklat Sandiman dikhususkan bagi ASN yang lingkup tugasnya di sektor Persandian Provinsi, Kabupaten/Kota. “Kita diberi amanah untuk membantu BSSN-RI dalam melaksanakan tugas-tugas negara di daerah,” ujar Alis. Di sisi lain, kata dia, juga melaksanakan tugas-tugas Pemerintah Daerah dalam keamanan informasi di pemerintahan daerah. “Informasi daerah wajib dilindungi demi kemajuan daerah kita,” katanya lagi.

Terkait keamanan informasi dan siber dalam dunia IT, lanjut mantan Staf Humas dan Protokol DPRD ini, memang ditujukan untuk pemerintah daerah dan masyarakat itu sendiri agar ASN dan masyarakat bisa lebih bijak dalam bermedia sosial. “Jadi memang perlu kita sampaikan ke publik agar tidak serampangan dalam bermedia sosial. Ini semua demi keamanan data pribadi kita. Yang jelas, nanti kami sampaikan pointer-pointer Diklat Sandiman ini setelah kami selesai mengikuti diklat ini yang sisa kurang lebih satu bulan lagi,” imbuhnya.

Bagaimana dengan kegiatan persandian? Eks bendahara di salah satu kecamatan di Luwu Utara ini mengatakan, tidak akan menyampaikannya ke publik karena persandian itu sudah menjadi rahasia negara sekaligus rahasia pemerintah. “Persandian itu rahasia negara. Bahkan telah diatur dalam Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Persandian,” ungkap Alisman. “Tapi soal keamanan informasi dan siber harus kita sosialisasikan, baik dalam bentuk sosialisasi atau pemasangan alat berupa ex banner atau sticker,” sambungnya.

Tidak hanya di instansi pemerintah, Sandiman Alisman juga akan memasang alat sosialisasi tersebut di kendaraan-kendaraan dinas. “Ini juga kita upayakan sampai ke rumah-rumah masyarakat. Kita juga akan selalu aktif menyosialisasikannya lewat media sosial, sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh dengan berita hoaks, ujaran kebencian, isu sarah dan lain sebagainya. “Yang jelas, kami nantinya akan selalu aktif. Ini demi amanah dan salah satu tugas kami di Persandian,” pungkas pria yang sangat aktif di medis sosial ini.

One thought on “Persandian Penting untuk Keamanan Informasi Pemerintah Daerah

  • 17 September 2019 at 5:04 am
    Permalink

    I just want to say I am just new to weblog and certainly savored this web site. Almost certainly I’m planning to bookmark your blog post . You definitely have superb article content. Thanks for sharing your website page.

Leave a Reply

Your email address will not be published.