5 Wisata Menarik di Kabupaten Banggai Laut, Cocok Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan

Kaisarnews.com – Kabupaten Banggai Laut, mungkin masih asing didengar oleh sebagian orang, karena kabupaten ini cukup terpencil dan juga merupakan kabupaten yang baru mekar beberapa tahun lalu, sehingga mungkin hanya para penggiat destinasi yang mengetahui tempat ini. Berjarak sekitar 400 KM dari Kota Palu, bisa ditempuh menggunakan mobil dengan 16 jam perjalanan darat dilanjutkan dengan satu malam perjalanan menggunakan kapal laut.

Tempat ini cocok bagi yang menyukai pantai, karena banyak wisata pantai yang bisa kita kunjungi untuk sekedar bersantai ataupun berenang dan menikmati keindahan bawah lautnya. Setidaknya ada 5 tempat wisata yang bisa memanjakan mata dan membuat kamu betah berlama-lama.

  1. Pantai Bone Moute.

Bone moute dalam Bahasa Indonesia berarti pantai pasir putih. Hal ini dikarenakan sesuai dengan ciri khas pantainya dimana terdapat hamparan pasir putih yang menakjubkan membentang luas. Pantai ini terletak di Desa Pasir Putih yang berjarak sekitar 10 KM dari Kota Banggai. Tempat ini cocok untuk yang ingin berlibur bersama keluarga, dikarenakan pantai ini memiliki fasilitas lengkap yang bisa dimanfaatkan seperti karet pelampung dan rumah-rumah kecil tempat berteduh yang disewakan kepada para pengunjung. Beberapa fasilitas tambahan yang berupa tulisan-tulisan lucu yang dipasang untuk menjadi objek foto bagi para pengunjung.Pantai

2. Bone Bulusan.

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang bagus untuk menemani libur akhir pekan kamu.terletak di ujung selatan pulau banggai, tempat ini biasa ditempuh dari kota sekitar 15 Km, dengan 15 menit perjalanan. Pantai ini berada di Desa Kalapa Lima, untuk sampai ke pantainya kamu harus berjalan dari pusat desa sekitar 100 meter melewai bukit kecil. Pantai ini masih terbilang sangat alami dengan hamparan pasir putih halus yang membentang dan air laut jernih yang memanjakan mata serta terdapat banyak pohon kelapa yang mengelilingi pantai yang tumbuh menjulang tinggi ke langit. Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang butuh tempat untuk melepas rasa capek selama bekerja dengan berkemah semalam ditempat ini sudah memberikan kesan tersendiri yang sulit untuk dilupakan.

3. Pantai Monosan.

Tidak kalah indah dengan pantai sebelumnya pantai monosan ini adalah pantai yang bisa dikatakan sebagai pantai yang cukup terpencil. Hal ini disebabkan butuh waktu 15 menit perjalanan dari kota dan harus berjalan kaki sekitar 200 meter untuk bisa sampai dipantai ini karena terdapat jalan yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan bermotor namun hal itu akan terbayarkan dengan keindahan pantai yang sangat panjang membentang dikelilingi hutan yang masih asri. Selain itu, pantai ini memiliki beberapa fasilitas yang diperuntukan untuk para pengunjung yaitu dua buah rumah wisata yang bisa digunakan untuk beristirahat sambil menikmati keindahan pantai. beberapa kekurangan yang dimiliki pantai ini yaitu akses jalan yang sulit dilalui dan air tawar yang belum tersedia.

4. Danau Paisu Batongan
.

Selain Pantai ada juga wisata yang bisa dijadikan alternatif bagi kamu yang ingin menikmati sensasi yang berbeda yaitu Danau Paisu Patongan. Danau ini adalah salah satu danau yang menjadi habitat dari ubur-ubur jinak alias tidak beracun. Kamu bisa berenang bersama ubur-ubur bahkan bisa menyentuhnya. Tempat ini cocok bagi kamu yang ingin meraskan sensasi berenang bersama ribuan ubur-ubur yang bisa memenuhi danau bila musim hujan tiba. Untuk sampai di danau ini kamu perlu menempuh perjalanan panjang melewati laut tolo ili selama 3 jam dari ibukota Kabupaten Banggai Laut.

Pantai Literasi Bone Binotik.

Bagi kamu para penggiat buku, penulis, maupun yang hobi membaca patut untuk mengnjungi pantai ini. Pantai ini berbeda dengan pantai lainnya, pantai yang dibuka pada ahun 2017 ini bertujuan untuk menggalakkan gerakan literasi di Indonesia khususnya di Kabupaten Banggai Laut. Kamu akan menjumpai berbagai koleksi buku-buku bacaan yang bisa dibaca sambil menikmati indahnya pantai yang putih bersih dan suara ombak yang menyejukkan hati, selain itu sarana pendukung lainnya juga telah melengkapi pantai ini dan ada juga beberapa warung yang menyediakan berbagai jenis makanan dan minuman. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi sambil belajar mengenai kebudayaan setempat. Miss Internasional 2017, Kevin Liliana juga sempat berkunjung di tempat ini. Jarak dari Kota Banggai ke tempat ini sekitar dua jam menggunakan kapal dengan melewati laut yang memiliki pemandangan yang sangat indah.

Itu tadi tempat yang asyik dikunjungi saat kamu liburan di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Kamu bisa menikmati alam Banggai sendiri maupun bersama keluarga atau pasangan. Selain alamnya yang indah, penduduknya juga ramah-ramah terhadap pendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.